Peluang usaha bisa kamu dapat dari bidang manapun termasuk halnya parkir. Bisnis parkir dapat menjadi peluang yang menjanjikan dimana masyarkat memang tidak lepas dengan yang namanya kendaraan dan parkiran menjadi solusi terbaik.

Menjalankan peluang usaha membuat tempat parkir umum ini bisa menjadi prospek yang menggairahkan. Karena bisa menjadi pendapatan menguntungkan bagi orang yang bisa menjalankan peluang ini. Cukup bermodalkan penyediaan lahan parkir yang luas, sistematis, dan memiliki sistem aplikasi yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengendara.

  1. Bersikap profesional

Dalam artian meski hanya berupa tempat parkir umum sederhana dengan penggunaan lahan yang ada, tetap mengutamakan kedisiplinan dan konsisten dalam menjaga barang milik orang lain. Utamakan sikap kehati-hatian dalam menjalankan usaha membuat tempat parkir umum dengan begitu nantinya akan mendapat kredibilitas yang baik dari masyarakat. Hal terpenting dalam suatu bisnis parkir adalah kenyamanan dan keamanan dari pengendara.

  1. Gunakan sistem berbasis komputer

Jika bisnis parkir di tempat terbuka adalah suatu hal yang biasa. Carilah bisnis parkir namun berbeda dan tidak ada seperti itu di tempatmu. Majunya ilmu teknologi tentu membuat berbagai aplikasi yang memudahkanmu untuk melakukan berbagai hal terutama bisnis parkir sendiri. Deflackcom Parking System (DPS) merupakan salah satu contoh sistem parkir yang berbasis raspberry & computer, dimana setiap pos diperlengkapi dengan seperangkat computerisasi beserta material pendukung (PC, printer, ticket, HUB, dan lain-lain). Setiap pos saling terhubung secara network dengan menggunakan Server sebagai induk dari semua computer yang terpasang. Dengan menggunakan DPS, maka operasional perparkiran dikendalikan sepenuhnya oleh System, sedangkan SDM hanya berfungsi sebagai User dalam melakukan pengetikan terhadap nomor plat kendaraan dan regristasi ticket sebagai tanda parkir. Sistem ini juga didukung oleh Boom Gate (pintu otomatis) yang terpasang disetiap pos keluar, yang fungsi utamanya adalah sebagai pengaman terhadap kendaraan. Hal ini membuat setiap kendaraan yang mau keluar harus melalui segala proses yang telah ditetapkan seperti memberikan kembali karcis tiket masuk kemudian dihitung waktu lama parkir sebagai bentuk biaya dari parkir itu sendiri.

  1. Latih SDM yang berkualitas

Bukan berarti para penjaga keamanan parkir tidak bisa begitu saja untuk direktur. Tertunya perlu pelatihan karena dia akan mengemban tanggung jawab berat dalam menjaga titipan setiap kendaraan yang masuk dalam parkiran tersebut. Bukan berarti telah mempercayakan sepenuhnya lewat video cctv saja, akan tetapi alat pun terkadang bisa salah atau tidak bisa menangkap segala kejahatan yang bisa terjadi. Oleh karena itu, tenaga manusia tetaplah diperlukan. Jadi diperlukan orang yang sungguh-sungguh terpercaya dan bisa menerima  tanggung jawab dalam berkerja.

  1. Perhatikan lahan lokasi parkir

Ini adalah poin penting yang harus diperhatikan. Lokasi strategis menentukan kemajuan dari suatu bisnis. Semakin ramai dengan pusat perbelanjaan maka harga tanah yang akan dibangun untuk lahan parkir disana akan meningkat dikarenakan sudah menjadi pusat perdagangan.

  1. Siapkan infrastruktur parkir

Memang tidak semua bisnis parkir tersentuh aturan hukum, sehingga ongkos investasi bisa minimal. Namun perkembangan situasi dan kondisi membuat jasa parkir harus bisa memuaskan pelanggannya. Apalagi masalah keamanan lahan parkir, ini yang menjadi perhatian pengguna para pekerja. Oleh karena itu segala fasilitas yang menunjang kemudahan, kenyamanan, serta keamanan dari parkir yang bisa ditunjang lewat segala infrastrukur parkir yang telah disediakan.