Bagi kamu pengendara mobil atau motor dimanapun kamu berada, kamu akan memiliki risiko menjadi korban pencurian kendaraan. Baik di kota besar ataupun di daerah sepi, para pencuri yang menargetkan kendaraan pribadi kerap menemukan cara untuk menjadi momok yang membuat jengkel masyarakat, khususnya para pemilik kendaraan. Berbagai teknologi keamanan kendaraan telah diciptakan untuk menghindari kita dari pembobol mobil, kita tinggal memakainya.

  1. Pasang alarm

Menjadi salah satu langkah paling pasti dalam mencegah tindak pencurian mobil, ternyata memasang alarm juga tidak boleh sembarangan. Kalau instalasi alarm dirangkai secara terbuka, sejumlah pencuri yang cukup canggih rupanya masih mampu mengakali alarm tersebut dengan memotong instalasinya. Oleh karena itu, buatlah rangkaian instalasi alarm yang tertutup dan tersembunyi.

  1. Kunci stir

Tips yang cukup sederhana namun seringkali dilupakan oleh beberapa pemilik mobil untuk selalu melakukan kuci stir apabila saat sedang meninggalkan mobil dalam keadaan sendirian. Cara kerjanya adalah mengkaitkan antara bagian stir mobil dengan salah satu komponen dari pedam rem, kopling, atau gas sehingga mobil tidak bisa digerakkan.

  1. Kunci tambahan

Pencuri mobil berpengalaman seringkali dapat membuka pintu yang terkunci dengan mencongkel kunci pintu melalui sela karet kaca mobil. Memasang kunci tambahan sebagai immobilizer dapat mencegah pencuri melarikan mobil meskipun dia berhasil membuka pintu dan menyalakan mesin mobil. Kunci pengaman tambahan dapat berupa kunci setir, immobilizer ban, atau kunci pedal (untuk pedal gas, pedal rem atau pedal kopling). Biasanya memasang kunci setir cukup efektif membuat pencuri mengurungkan niat mencuri mobil dan lebih memilih mobil yang tidak memiliki pengaman tambahan.

  1. Pemasangan GPS

GPS tracking system adalah teknologi pelacakan keberadaan mobil berdasarkan pantauan satelit. Dengan menggunakan perangkat GPS tracking system, tetap dapat mengetahui posisi mobil meskipun dibawa kabur pencuri. Tetapi perlu diingat teknologi canggih ini mungkin hanya bekerja beberapa jam saja pada mobil yang telah dicuri, begitu pencuri memeriksa dan menemukan perangkat ini tentu saja alat ini akan segera dinon-aktifkan.

  1. Parkir ditempat yang aman

Hindari tempat parkir yang tidak aman walaupun dengan alasan lokasi yang lebih dekat, praktis, tidak perlu membayar parkir, dan lain-lain. Selalu parkir di tempat yang aman, sebisa mungkin lengkap dengan petugas keamanan dan fasilitas keamanan yang memadai seperti adanya kamera pengawas.

  1. Jangan meninggalkan kartu parkir di dalam mobil

Beberapa tempat parkir yang mengutamakan keamanan akan meminta pengemudi menunjukan kartu atau karcis parkir serta STNK saat pengemudi ingin keluar dari tempat parkir. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan tinggalkan kartu parkir di dalam mobil karena itu akan memudahkan pencuri mobil dalam menjalankan aksinya.

  1. Ganti perangkat pengamanan pada mobil bekas

Jika Kamu menggunakan mobil bekas atau seken, sebaiknya ganti semua kunci yang sudah tersedia seperti kunci setir, kunci pedal, atau kunci atau switch rahasia untuk mengantisipasi niat buruk bagi orang yang pernah memiliki kunci tersebut dan mungkin memiliki duplikat kuncinya.